Banda Aceh Terapkan Program 'One Day One Ayat'

Dai kondang asal Jakarta, KH Ustad Yusuf Mansur didampingi Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa aduddin Djamal menyapa para penggemarnya usai mengisi ceramah dengan tema Menghafal Alquran itu mudah dan berkah di Taman Sari Kota Banda Aceh, Jumat (27/2). Ceramah tersebut merupakan program dakwah umum jumatan yang dilaksanakan oleh Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh. SERAMBI/M ANSHAR 

Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal resmi meluncurkan Program Banda AcehMenghafal "One Day One Ayat" di Taman Bustanussalatin atau populer dengan nama Taman Sari, Kamis (10/12/2015).

Setelah peluncuran tersebut, Illiza bersama Ustaz Yusuf Mansur, Imam Shamsi Ali dan unsur Forkompinda mendatangi SMAN 2Banda Aceh. Karena sebelumnya ada wisuda Tahfizhul Quran di Taman Bustanussalatin.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) KotaBanda Aceh, Syaridin mengatakan, program ini untuk SMA/SMK dan SMP di Banda Aceh. Saat ini yang paling siap SMA dan SMK karena punya fasilitas pengeras suara yang memadai.

"Tapi sekaligus juga untuk tingkat SMP di Banda Aceh. Tujuan dari program ini untuk membentuk generasi yang Qurani di masa depan. Program ini sesuai dengan pelaksanaan Syariat Islam di Aceh," ujar Syaridin kepada Serambi (Tribunnews.com network).

Menurut Syaridin, mekanisme hafalan nanti antarsekolah berbeda. Tapi yang jelas program 'satu hari satu ayat' menghafal secara berurutan yang akan ditentukan guru.

"Misalnya hari ini, ditentukan ayat ini dihafal. Besoknya siswa membaca ayat yang dihafal tersebut yang diawasi guru. Hari selanjutnya menghafal ayat sambungan sebelumnya hingga seterusnya," jelas Syaridin.

Program ini, kata Syaridin, tak masuk dalam kurikulum di sekolah. Tapi ditetapkan tiap sekolah menerapkan program ini. Karena program ini akan terus berlanjut ke depan.

"Disdikpora Aceh mendukung penuh program 'satu hari satu ayat ini'. Karena ini sangat bagus dan memudahkan bagi siswa," ujar Kadisdikpora Banda Aceh.

Kabid Pengembangan Syariah dan Dayah Dinas Syariah IslamBanda Aceh, Wirzaini Usman mengatakan, program ini diadopsi dari metode Ustaz Yusuf Mansur akan diterapkan pada semua SLTA/sederajat di Banda Aceh untuk tahap awal.

"Diharapkan lulusan sekolah di Banda Aceh nantinya mampu menghafal Alquran. Karena program ini sangat efektif dan memudahkan bagi siswa menghafal Alquran ," ujar Wirzaini.

Ustaz Yusuf Mansur merupakan salah satu dai terkenal yang mengajak umat muslim untuk hafal Alquran. Pimpinan Pesantren Daarul Quran Jakarta ini datang ke Banda Aceh untuk mengisi ceramah agama dalam wisuda akbar tahfizul Quran.

Sebelumnya Ustad Yusuf Mansur juga diundang memberi ceramah dalam program Dakwah umum Jumatan di Taman Sari, Jumat (27/2/2015). Program dakwah jumatan ini digagas Dinas Syariat Islam (DSI) Pemko Banda Aceh di Taman Sari. Para ulama dari Aceh dan luar Aceh diundang untuk mengisi ceramah jumatan.

Sedangkan Shamsi Ali yang merupakan ulama asal Sulawesi Selatan. Ia juga Imam Besar Masjid Al-Hikmah Islamic Center New York, Amerika Serikat. Kedatangannya ke Banda Aceh juga dalam rangka mengisi mengisi kuliah umum di UIN Ar-Raniry, Jumat (11/12/2015).